Rabu, 20 April 2011

2 - Nissan.com

       Cerita singkat dari kasus Nissan.com yaitu melibatkan dua perusahaan besar, Nissan Motor Company dan Nissan Computer Corp.


       Pada tahun 1980, Nissan Motor tidak mendaftarkan domain Nissan.com, karena menganggap itu bukan lah hal yang penting. Kemudian pada tahun 1994, Uzi Nissan pemilik Nissan Computer mendaftarkan domain Nissan.com dan tahun 1996 ia mendaftarkan Nissan.net.


       Kemudian Nissan Motor menyadari pentingnya nama domain Nissan.com karena 92% pengguna internet yang ingin mengakses Nissan Motor langsung mengakses Nissan.com dan yang ia temukan adalah Nissan Computer, bukan Nissan Motor. Oleh karena itu Nissan Motor melayangkan surat ke Nissan Computer yang berisi rencana Nissan Motor yang akan menggunakan domain nama Nissan.com, namun tidak ada tanggapan dari Nissan Computer.

       Tahun 2000, Nissan Motor menggugat Nissan Computer di bawah U.S. Anticybersquating Consumer Protection Act dengan menuntut ganti rugi sebesar $ 10jt dan hak eksklusif untuk menggunakan nama Nissan.com dan Nissan.Net. Uzi Nissan berargumentasi di sidang bahwa ia hanya memakai nama keluarganya, dan tidak bermaksud mengambil keuntungan dari nama besar Nissan.com, ia juga tidak akan menjual domain Nissan.com ke Nissan Motor.

       Akhirnya pada 2002, California Superior Court dan US Ninth Circuit District Court memutuskan Nissan Computer tidak bersalah dan ia berhak akan Nissan.com dan Nissan.net, namun ia tidak bisa memakai nama domain itu untuk komersial dan melarang Uzi Nissan untuk menjelekkan Nissan Motor.


Pertanyaan:
1.     Mengapa Nissan Motor sangat memperhatikan domain Nissan.com dan Nissan.net, dan bagaimana kerugian material sebesar $10 juta dapat dibenarkan?
Nissan Motor tentu sangat khawatir dengan kepemilikan Uzi Nissan atas Nissan.com dan Nissan.net, karena Nissan.com telah memiliki nama (brand image) yang sangat besar di dunia, dan tentunya hampir semua orang mengetahui akan Nissan Motor. Saat internet berkembang, dan menjadikan suatu gaya hidup di dunia, tentunya segala sesuatu dapat dicari dari internet, termasuk saat konsumen ingin melihat atau mencari informasi mengenai produk dari Nissan Motor, dan website ini menjadi salah satu marketing tool juga dalam melakukan promosi dan melekatkan brand image di mata konsumen.
Saat ingin mengakses website Nissan Motor, kebanyakan konsumen langsung mengetik www.nissan.com. Namun yang ia temukan malah website tentang Nissan Computer sehingga konsumen menjadi bingung, dan penelitian mengatakan 92% konsumen melakukan hal yang sama (mengetik langsung Nissan.com untuk mengakses Nissan Motor). Tentunya hal ini membuat Nissan Motor kehilangan konsumennya (secara tidak langsung).
Selain itu, Nissan Motor takut kalau Nissan Computer memanfaatkan kebesaran namanya untuk melakukan perdagangan melalui website, lalu Nissan Motor juga takut kalau Nissan Computer sengaja membeli domain Nissan.com dan Nissan.net, lalu kemudian menjual domain tersebut dengan harga mahal ke Nissan Motor.
Sedangkan untuk ganti rugi sebesar $ 10 jt, menurut saya itu terlalu berlebihan, walaupun memang Nissan Motor secara tidak langsung mengalami kerugian materi. Namun di sini, Nissan Computer tidak sengaja dan tidak bermaksud untuk menggunakan nama Nissan Motor, dan ia juga tidak menampilkan logo dan produk Nissan Motor. Dan menurut Senator Spencer Abraham (Michigan Republican) pada Congres Anti-Cybersquating Consumer Protection Act mengatakan bahwa denda untuk cybersquater sebesar $ 300.000. Jadi menurut saya, denda $ 10jt itu terlalu berlebihan untuk kasus Cybersquating.


2.     Tanggapan etika dari segi Uzi Nissan dalam kasus ini:
Menurut saya, Uzi Nissan tidak melanggar etika dalam dunia cyber, karena Uzi Nissan menggunakan nama “Nissan” karena memang itu nama keluarganya, dimana nama keluarga sering dipakai di Midle East. Jadi Uzi Nissan tidak dengan sengaja menggunakan nama besar Nissan Motor untuk membuat nama domain. Berikut ini merupakan pasport Uzi Nissan.

Selain itu, di website Nissan.com yang dibuat oleh Uzi Nissan tidak mencantumkan logo dan produk Nissan Motor, yang Uzi Nissan buat memang benar-benar murni website untuk menjual produk-produk yang berhubungan dengan komputer. Uzi Nissan juga tidak ingin menjual domain Nissan.com dan Nissan.net kepada Nissan Motor, yang berarti Nissan Computer tidak terbukti melakukan cyber squating (mendaftarkan nama domain yang merupakan merk dagang dari perusahaan dan berharap untuk menjualnya dengan harga tinggi kepada perusahaan tersebut). Uzi Nissan juga telah mendaftarkan merek dagang untuk Nissan dan logonya dari Negara Bagian North Carolina, pada Juli 2005. Berikut merupakan bukti pendaftaran tersebut.


Namun suatu penyimpangan etika yang dilakukan Uzi Nissan yaitu pada saat ia tidak menanggapi surat Nissan Motor yang berisi rencana Nissan Motor yang akan menggunakan domain nama Nissan.com. Seharusnya Uzi Nissan sudah memperkirakan hal ini, karena ia menggunakan nama yang sama dengan Nissan Motor, walaupun ia tidak bermaksud begitu. Dan ia seharusnya menanggapi surat tersebut dengan beretikat baik, tidak membiarkan surat itu begitu saja, sehingga masalah tidak berlarut-larut.


3.     Tanggapan etika dari segi Nissan Motor dalam kasus ini:
Menurut saya, dengan adanya kepemilikan nama domain Nissan.com dan Nissan.net oleh Nissan Computer menjadi suatu ancaman tersendiri bagi Nissan Motor. Sebagai perusahaan automotif yang besar di dunia, pada saat konsumen akan mencari informasi di mengenai mobil-mobil Nissan Motor di internet, pasti yang melekat di hati yaitu www.nissan.com, tapi yang muncul malah produk-produk komputer. Tentunya hal ini akan membuat konsumen Nissan Motor kebingungan dan dapat menurunkan brand image dari Nissan Motor, lalu secara tidak langsung menurunkan penjualan dari Nissan Motor. Jadi wajar saja menurut saya kalau Nissan Motor menuntut  Nissan Computer sebesar $ 10jt atas cyber squating (karena Nissan Computer tidak menanggapi surat dari Nissan Motor sehingga Nissan Motor tidak tau apa yang sebenarnya terjadi).
Namun sebenarnya Nissan Motor melakukan kesalahan dan kecerobohan dengan tidak mendaftarkan nama domain Nissan.com dan Nissan.net terlebih dahulu sebelum Nissan Computer, karena awalnya Nissan Motor menganggap website bukan lah marketing tool yang penting. Dan saat perusahaan automotif besar dunia seperti General Motors dan Volkswagen mulai mendaftarkan nama domainnya, Nissan Motor malah tidak mengikuti langkah kedua perusahaan tersebut, dan saat domain Nissan.com sudah dimiliki oleh Uzi Nissan, barulah Nissan Motor sadar akan pentingnya domain tersebut.
Selain itu, saat Nissan Motor telah melayangkan surat permintaan pemakaian domain Nissan.com ke Uzi Nissan, memang tidak ada tanggapan dari Uzi Nissan, namun Nissan Motor tidak menghubungi Uzi Nissan kembali, sehingga Uzi Nissan menganggap masalah tersebut selesai dan tidak perlu dibahas lagi.


4.     Tanggapan mengenai keputusan pengadilan dalam kasus ini:
Menurut saya, keputusan hakim pada kasus domain ini, sudah cukup adil yaitu dengan keputusan dari California Superior Court dan US Ninth Circuit District Court di tahun 2002,  bahwa Uzi Nissan tidak bersalah atas tuntutan cyber squating dari Nissan Motor. Karena memang disini Uzi Nissan tidak bersalah, dan tidak dengan sengaja menggunakan nama “Nissan” dengan maksud tertentu. Dan Nissan Computer berhak akan Nissan.com dan Nissan.net, namun ia tidak bisa memakai nama domain itu untuk komersial karena akan meninimbulkan potensi konsumen dari Nissan Motor bingung dengan website www.nissan.com dan www.nissan.net; juga melarang Uzi Nissan untuk menjelekkan / meremehkan / merendahkan Nissan Motor di dalam website-nya; dan Nissan Motor harus menggunakan domain berbeda di dalam bisnisnya.
Karena Nissan Motor harus menggunakan domain yang berbeda dalam membuat website-nya, ia menggunakan domain www.nissan-global.com untuk website globalnya, sedangkan untuk domain per negara, nissan tetap dapat menggunakan nama “Nissan” saja, namun diikuti kode dari negara, contohnya Nissan Motor Indonesia menjadi www.nissan.co.id dan Nissan Motor Inggris www.nissan.co.uk

Berikut tampilan dari Nissan Motor Global www.nissan-global.com














Berikut tampilan dari Nissan Motor Indonesia www.nissan.co.id

Berikut tampilan dari Nissan Motor Inggris www.nissan.co.uk















Sedangkan Nissan Computer yang memenangkan hak atas Nissan.com dan Nissan.net tetap dapat menggunakan website tersebut dalam melakukan bisnis secara online dan menjalankan keputusan dari hakim. Namun, terdapat suatu “sindiran” secara tidak langsung atas gugatan dari Nissan Motor, yaitu adanya tulisan “Nissan Motor Lawsuit Against Us, It Can Happened To You or Someone You Know”. Disini memang Nissan Computer tidak menjelekkan Nissan Motor, tapi disini Nissan Computer ingin memberitahukan pada dunia atas kasus yang telah menimpanya, dan komentar-komentar masyarakat atas kasus tersebut.
Berikut tampilan dari Nissan Computer www.nissan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar