Rabu, 18 Mei 2011

6 - disadvantage free web hosting (e-commerce)

Dalam melakukan bisnis e-commerce di Indonesia, tersedia web hosting yang gratis, ada juga yang bayar. Tentu orang Indonesia kebanyakan memilih web hosting, siapa sich yang ga suka gratis,, hehehe
Di kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai kerugian menggunakan web hosting yang free dalam e-commerce. tapi sebelumnya, saya akan membahas mengenai web hosting dulu yaa,, ^.^

Apa yang dimaksud dengan Web HostingWeb Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Mengapa Perlu Web HostingKecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan, tanpa dibatasi waktu dan tempat. Selain itu, Anda dapat memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, juga disaat anda ingin melakukan transaksi bisnis yang memudahkan pelangan anda menjangkaunya dari sebuah vila tempat peristirahatan dengan privasi yang tinggi, disaat itulah anda membutuhkan layanan web hosting.



Kekurangan dari web hosting yang free yaitu:
  • Pembatasan Web Space. Pada free web hosting, Anda tidak akan mendapatkan web space yang besar, dan mungkin harus meng-upgrade apabila Anda ingin memperluas situs Anda. Kemungkinan yang terjadi yaitu saat Anda melakukan  upgrade, harga telah berubah menjadi lebih mahal dari standard harga rate web hosting. Selain itu, karena gratis, maka Anda tidak dapat berharap untuk memiliki disk space untuk semua file. 

  • Masalah keamanan data pada free web hosting. Penyedia layanan web hosting yang gratis tidak akan menjamin keamanan data dari website Anda. Apabila terjadi masalah yang berkaitan dengan keamanan data pada website Anda, tentu pihak penyedia layanan tidak bertanggung jawab, karena Anda menggunakan layanan web hosting yang gratis.  

  • Lambatnya pengaksesan free web hosting. Perusahaan atau individu yang menawarkan free web hosting biasanya membagi bandwidth mereka kepada seluruh anggota. Maka jika Anda menggunakan free web hosting, kemungkinan Anda berbagi server dengan ratusan atau mungkin ribuan user di seluruh dunia. Bayangkan seperti apa lemotnya menggunakan free web hosting. Selain itu, kemungkinan penyedia layanan free web hosting yang palsu yang kadang-kadang menghilang dari dunia internet, dapat membuat partisipasi data Anda akan hilang.

  • Uncustomized web address. Jika Anda menggunakan free web hosting, alamat web Anda biasanya menyertakan domain host Anda, dan free web hosting tidak memperbolehkan kustomisasi dari suatu alamat web. Sehingga alamat website Anda merupakan sub-domain dari free web hosting, dan kemungkinan orang akan ragu bahwa Anda serius dalam berbisnis. Contoh penulisan alamat web gartis yaitu www.yourwebsite.freehosting.com atau www.freehosting.com/yourwebsite

  • Customer Support yang tidak dapat diandalkan. Anda jangan mengharapkan dukungan teknis tersedia bagi Anda 24/7 dan Anda tidak bisa menggunakan fasilitas dukungan teknis dengan menggunakan service provier, karena Anda menggunakan halaman web yang gratis, dan mungkin beberapa member lain (yang membayar) juga membutuhkan dukungan teknis juga. Tentunya Customer Support akan mengutamakan pelayanan bagi member yang membayar dari pada Anda. Sehingga Anda harus banyak bersabar untuk bisa mendapatkan dukungan teknis.

  • Fitur yang terbatas pada free web hosting. Fitur yang ada di situs hanya terbatas pada fitur yang disediakan dengan fitur yang standar dan sederhana, sehingga kita tidak bisa menambahkan fitur-fitur interaktif, seperti chat room, games, message board, pemesanan online,dll. Karena "ada harga, ada barang", kita harus membayar lebih untuk mendapatkan fasilitas yang lebih.

  • Masalah koneksi. Terkadang saat banyak pengguna menggunakan free web hosting, dapat membuat koneksi tidak stabil atau bahkan sering down secara tiba-tiba. Dan biasanya tidak dapat diakses selama beberapa hari, tentunya ini mempengaruhi aktifitas pengguna.

  • Advertisement. Jika menggunakan sesuatu yang gratis dalam dunia maya, biasanya halaman situs akan disemarakkan dengan iklan-iklan yang tidak penting dan mengganggu keindahan tampilan. Contohnya yaitu, banyaknya banner atau iklan dan pop-up window yang sangat menganggu di dalam wesbsite atau bahkan iklan tersebut merupakan iklan dari kompetitor.

  • Gratis tidak untuk selamanya. Jika situs kita mulai ramai dikunjungi, maka penyedia layanan akan memberi peringatan agar kita pindah ke paket berbayar. Selain itu jika kita tidak memback-up situs dan waktu pelayanan gratis berakhir, maka kita bisa kehilangan situs kita. Jadi kita harus sering melakukan back-up data, dan hal ini menyebabkan pengelolaan hosting secara gratis cukup rumit.

  • Tidak semua support PHP, Flash, DHMTL dan MySQL. Tidak semua penyedia layanan free web hosting memberikan paket yang mendukung PHP, Flash, DHMTL (Dynamic Hypertext Markup Languange) dan MySQL. dan mereka hanya memberikan dukungan untuk website statis saja. Sehingga tampilan website free ini hanya strandard dan tidak terlalu menarik.

  • Tidak ada fasilitas Back-up. Pada free web hosting, Anda tidak akan mendapat fasilitas back-up data-data Anda. Sehingga apabila sesuatu yang buruk terjadi pada web Anda, maka dapat menyebabkan seluruh data Anda hilang dan kemungkinan dapat menutup website Anda dengan mudah.

  • Pop up dan banner yang mengganggu. Dalam menjalankan bisnis web hosting, penyedia layanan tentunya membutuhkan sumber daya dari luar untuk mempertahankan bisnisnya, terlebih apabila membernya menggunakan free web hosting, tentunya ia tidak mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu, penyedia web hosting biasanya mendapatkan penghasilan dengan meletakkan iklan afiliasi ke page Anda, yaitu dengan memunculkan pop-up iklan dan banner, dan ketika diklik oleh pengunjung web Anda, itu sama dengan uang untuk afiliasi.

  • Limited traffic pada free web hosting. Untuk mendatangkan keramaian (traffic) pada website, biasanya dilakukan pembayaran pada search engine untuk menempatkan hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci pencarian pada top result. Mengapa perlu melakukan pembayaran kepada search engine? Karena website yang dibayar, dianggap lebih dipercaya oleh karena itu perlu mengeluarkan uang untuk memilikinya. Selain itu, Search Engine sering memberikan free website dengan proirotas yang rendah. Sehingga untuk menciptakan traffic ini, Anda harus mengeluarkan uang lagi, dan apabila Anda tidak menjalankan bisnis yang serius, Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk membayar space web hosting.



Berikut ini merupakan contoh free web hosting:
http://hostingrakyat.weelinx.com/ yang menyediakan layanan web hosting yang gratis di Indonesia, namun juga menyediakan paket-paket lain dari range Rp 0 - Rp 400.000 per bulan


http://idwebhost.com/ yang menyediakan layanan web hosting dengan pilihan harga mulai dari Rp 1.000 sampai dengan Rp 60.000 per bulannya


http://www.kerajaanweb.com/ yang menyediakan layanan web hosting dengan berbagai pilihan paket, mulai dari Rp 2.500 - Rp 100.000 per bulan.



http://www.webiihost.com/ yang menyediakan layanan web hosting dengan paket-paket yang memiliki kisaran harga Rp 70.000 - Rp 500.000 per bulan 




http://www.ardhosting.com/ yang menyediakan layanan web hosting dengan berbagai pilihan paket, dengan range harga dari Rp 80.000 - Rp 400.000 per bulan




http://www.jetdino.com/ yang menyediakan layanan web hosting dengan range harga Rp 95.000 - Rp 500.000 per bulan




http://www.indorackhosting.com/ yang menyediakan layanan web hosting untuk personal, profesional dan enterprise hosting dengan range harga dari Rp 49.000 - Rp 799.000 per bulan




Nah, Anda sudah melihat kerugian-kerugian dari menggunakan web hosting yang gratis. cukup menyeramkan bukan? terlebih ini menyangkut bisnis Anda. Saran saya, lebih baik Anda menggunakan web hosting yang prabayar apabila Anda serius dalam berbisnis e-commerce. toh harga paket web hosting juga beraneka ragam dan masih dapat dijangkau. Lebih baik menggunakan "yang pasti-pasti saja" dari pada menyesal dikemudian hari ^.^
                                  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar