Senin, 09 Mei 2011

5 - Contoh B2B di Indonesia

Kali ini, saya ingin membagi contoh-contoh website B2B di Indonesia, berdasarkan karakteristik marketplace dari B2B


Private stores on seller's sites
Ciri-ciri dari private stores on selles's sites yaitu memiliki penjual tunggal, banyak pembeli, sedikit produk, dan harga tetap. Contohnya yaitu, Biz Net.
Biz Net memiliki website http://www.biznetnetworks.com/en/, yang merupakan  merupakan perusahaan penyedia layanan internet dengan layanan yang cepat dan cocok untuk small business. Biz Net merupakan penjual tunggal dan memiliki banyak pembeli namun memiliki produk yang tidak terlalu banyak, dan memiliki harga yang tetap.

Berikut merupakan tampilan dari website Biz Net



Customer portals
Ciri-ciri dari Customer portals yaitu memiliki beberapa penjual, banyak pembeli, catalog based, dan harga tetap. Contohnya yaitu Lotte Mart
Lotte Mart memiliki website http://www.lottemart.co.id/lotte/, pada web tersebut Lotte Mart menjual produk makanan dan non makanan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Disini Lotte Mart memiliki beberapa penjual dan banyak pembeli, tentunya terdapat katalog produk-produk, dan harganya pun tetap.

Berikut merupakan tampilan dari website Lotte Mart


Independent industry marketplaces
Ciri-ciri Independent industries marketplace yaitu memiliki banyak penjual, banyak pembeli, terdapat tawar-menawar, dan harganya tidak pasti. Contohnya yaitu Dino Market. 
Dino Market memiliki website http://www.dinomarket.com/. Dino Market merupakan suatu media dan saran jual-beli bagi penjual dan pembeli yang berkaitan dengan peralatan, elektronik, automotive, health, dll. Dino Market memiliki banyak penjual, banyak pembeli, dan terdapat proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli sehingga harganya tidak pasti. 

Berikut merupakan tampilan dari website Dino Market


Consortia-sponsored marketplaces
Ciri-ciri Consortia-sponsored marketplaces yaitu memiliki sedikit pembeli, banyak penjual, pembeli memiliki kontrol, dan harga tetap. Contohnya yaitu Agro Maret
Agro Maret memiliki website http://www.agromaret.com/, yang merupakan suatu media dan sarana jual-beli bagi penjual dan pembeli yang berkaitan dengan agro bisnis (pertanian, perikanan dan peternakan). Disini Agro Maret memiliki sedikit pembeli, banyak penjual, pembeli memiliki kontrol dalam membeli, dan harganya pun tetap.

Berikut merupakan tampilan dari website Agro Maret


Private company marketplaces
Ciri-ciri private company marketplaces yaitu memiliki satu pembeli, banyak pembeli, dapat memberi penawaran pada pembeli tertentu. Contohnya yaitu PLN Indonesia dan PT Barata.
PLN Indonesia memiliki website http://202.162.220.10/main. PLN pada website ini menggunakan sistem e-procurement dimana PLN sebagai pembeli tunggal, dan mitra kerja atau penyedia barang/jasa sebagai pembeli. Disini calon mitra kerja tersebut dapat memberikan penawaran untuk menarik PLN.
PT Barata memiliki website http://www.ptbarata.com/eprobarata/. PT Barata menggunakan sistem e-procurement dimana PT barata sebagai pembeli tunggal, dan vendor penyedia konstuksi dan mesin sebagai pembeli. Disini calon vendor dapat memberikan penawaran untuk menarik PT Barata.

Berikut merupakan tampilan dari website PLN Indonesia

Berikut merupakan tampilan dari website PT Barata

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. waw...saya selama ini hanya tau teorinya saja tanpa tahu contoh nyatanya. Terima kasih sudah share...

    www.mahasiswaunyu.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Indonesia saat ini memiliki beberapa website B2B tetapi belum ada yang bisa go internasional seperti alibaba.com ec21.com tradebos.com dll. Menurut http://www.dataperusahaanindonesia.com saat ini jumlah perusaaan di Indonesia sudah mencapai ratusan ribu dan ini pastinya jumlah yang besar untuk menjalankan website B2B.

    BalasHapus
  4. Hai ada yang bisa kami hubungi untuk blog ini?

    BalasHapus
  5. Portal B2B terbaik di indonesia menurut aku :
    http://Indonesia-Product.com

    Silahkan dilihat sendir betul atau keliru?

    BalasHapus